Rabu, 06 Mei 2015

pembelajaran PKN di SD



NUR ASTUTI
ASD - 4
Seandainya saya masuk pertama kali mengajar sekolah dasar (SD) tentang pelajaran PKN, saya akan melakukan  persiapan terlebih dahulu, seperti memahami materi PKN yang ingin diajarkan, kemudian menentukan strategi, metode dan media yang tepat dan sesuai dengan materi yang ingin disampaikan.
Ketika masuk kelas pertama kali saya memperkenalkan diri. Lalu mengajak semua siswa berdoa untuk mengawali kegiatan pelajaran dan mengabsen semua siswa sebagai tanda perkenalan. Semua siswa diajak untuk bernyanyi agar dapat bersemangat dan fokus dalam  mengikuti pelajaran. Setelah selesai bernyanyi saya bertanya jawab dengan siswa yang berkaitan tentang materi PKN.
Misalnya materi PKN kelas 2 SD tentang disiplin. Disiplin dapat dilakukan di rumah, jalan raya, sekolah dan masyarakat. Kemudian saya menanyakan dan menjelaskan kepada siswa tentang disiplin di rumah yaitu tidur dan bangun tepat waktu, merapikan tempat tidur, makan dengan teratur, menjaga kebersihan rumah. Disiplin di jalan raya yaitu menyeberang jalan di tempat penyeberangan, dan berjalan di sebelah kiri. Disiplin di sekolah yaitu tidak terlambat masuk ke sekolah,  melaksanakan jadwal piket, membuang sampah pada tempat sampah. Disiplin di masyarakat yaitu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak mengganggu tetangga. Agar siswa dapat  lebih memahami tentang materi PKN tersebut maka saya menyiapkan media seperti gambar tentang disiplin di rumah, jalan raya, sekolah dan masyarakat. Lalu siswa disuruh menyesuaikan dan mengelompokkan gambar-gambar tersebut. Pada kegiatan penutup diakhiri dengan membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari. Lalu mengajak semua siswa untuk berdoa.

 Dirgantara Wicaksono
Pembelajaran PKN di SD 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar