Nama : Nur Astuti
NIM : 2013820034
Kelas : ASD
(Model Pembelajaran Kooperatif JIGSAW)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
Standar Kompetensi : Memahami jenis hewan dan tumbuhan
yang mendekati kepunahan.
Kompetensi Dasar :
1.1
Mengidentifikasi
jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
Indikator : Mengenal
keanekaragaman hayati khas Indonesia yang terancam punah atau langka dan bagian
tubuhnya yang sering dimanfaatkan.
I. Tujuan Pembelajaran : Melalui pengamatan, informasi,
pemberian tugas, dan diskusi :
A.
Siswa dapat menyebutkan nama hewan atau tumbuhan langka.
B
Siswa dapat menentukan bagian yang dimanfaatkan dari hewan atau tumbuhan
langka.
II. Materi Pokok :
Jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
III. Model
Pembelajaran : Cooperative
IV. Metode Pembelajaran : Tehnik Jigsaw
V. Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal
·
Siswa
diminta menyebutkan beberapa hewan dan tumbuhan langka. (5 menit)
B.
Kegiatan
Inti
·
Membagi
siswa dalam kelompok kecil (4 orang) dinamakan kelompok Asal. (5 menit)
Kel. Asal Kel. Asal Kel. Asal Kel. Asal
A1, B1, C1, D1
|
A2, B2, C2, D2
|
A3, B3, C3, D3
|
A4, B4, C4, D4
|
·
Guru
menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggota kelompok
asal yang terdiri atas :
a.
Menyebutkan
manfaat hewan langka (burung merak) dan bagian yang dimanfaatkan.
b.
Menyebutkan
manfaat hewan langka (ikan hiu) dan bagian yang dimanfaatkan.
c.
Menyebutkan
manfaat tumbuhan langka (pohon jati) dan bagian yang dimanfaatkan.
d.
Menyebutkan
manfaat tumbuhan langka (pohon ulin) dan bagian yang dimanfaatkan. (5 menit)
Karena jumlah siswa 20 orang, berarti terdapat 5 kelompok
asal yang terdiri dari 4 orang anggota membahas 4 materi yang sama.
·
Setelah
melakukan diskusi dalam kelompok asal maka setiap anggota kelompok mengambil
undian tugas secara individual yang telah disediakan guru. Undian berisi materi-materi yang telah
didiskusikan. (5 menit)
·
Siswa
diminta menemui teman yang lain yang mempunyai
tugas yang sama untuk membentuk kelompok baru (tim ahli) dan mengerjakan tugas yang diterima.
Anggota kelompok tersebut berasal dari anggota kelompok asal yang membahas
materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi
siswa dari kelompok yang membahas materi
berbeda yang dinamakan kelompok ahli.
Kelompok ahli I : A. Menyebutkan
manfaat hewan langka (burung merak) dan bagian yang dimanfaatkan.
A1, A2, A3, A4, A5
|
Kelompok ahli II : B. Menyebutkan manfaat hewan langka (ikan hiu)
dan bagian yang dimanfaatkan.
B1, B2, B3, B4, B5
|
Kelompok ahli III: C. Menyebutkan
manfaat tumbuhan langka (pohon jati) dan bagian yang dimanfaatkan.
C1, C2, C3, C4, C5
|
Kelompok ahli IV : D. Menyebutkan manfaat tumbuhan langka (pohon
ulin) dan bagian yang dimanfaatkan.
D1, D2, D3, D4, D5
|
Setiap
anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut
serta secara aktif memberikan informasi berdiskusi. (15 menit)
·
Kelompok
ahli kembali berkumpul ke kelompok asal
bertugas memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli. (10 menit)
·
Meminta
perwakilan kelompok asal untuk mempresentasikan hasil diskusi secara menyeluruh
dalam diskusi kelas. (10 menit)
C.
Kegiatan
Akhir
·
Secara
individu siswa mengerjakan tugas yang diberikan guru. (10 menit)
·
Guru
memberikan penguatan terhadap kesimpulan siswa tentang materi.
·
Pemajangan
hasil tugas (2 menit) dan refleksi (3
menit).
VI. Alat dan sumber belajar
·
Alat
:
-
Kertas
berisi undian
-
LKS
-
Gambar
hewan dan binatang
·
Sumber
:
-
IPA
SD kelas VI
-
Buku
penunjang
-
Silabus
/ KTSP
-
Lingkungan
VII. Penilaian
A.
Bentuk
a.
Tes
: Tertulis /Lisan
b.
Non
Tes : Portofolio
B.
Alat
penilaian
LKS
I : Untuk kelompok asal
Sebutkan
manfaat hewan dan tumbuhan langka serta bagian yang dimanfaatkan di bawah ini!
No.
|
Nama hewan atau tumbuhan langka
|
Bagian yang dimanfaatkan
|
Manfaat
|
1.
|
![]()
Burung Merak
|
|
|
2.
|
![]()
Ikan Hiu
|
|
|
3.
|
![]()
Pohon Jati
|
|
|
4.
|
![]()
Pohon Ulin
|
|
|
LKS
II
Kelompok
ahli (I)
·
Amatilah
gambar hewan langka di bawah ini!
·
Diskusikan
dengan kelompokmu!
No.
|
Nama hewan atau tumbuhan langka
|
Bagian yang dimanfaatkan
|
Manfaat
|
1.
|
![]()
Burung merak
|
|
|
Kelompok
ahli (II)
·
Amatilah
gambar hewan langka di bawah ini!
·
Diskusikan
dengan kelompokmu!
No.
|
Nama hewan atau tumbuhan langka
|
Bagian yang dimanfaatkan
|
Manfaat
|
1.
|
![]()
Ikan Hiu
|
|
|
Kelompok
ahli (III)
·
Amatilah
gambar hewan langka di bawah ini!
·
Diskusikan
dengan kelompokmu!
No.
|
Nama hewan atau tumbuhan langka
|
Bagian yang dimanfaatkan
|
Manfaat
|
1.
|
![]()
Pohon Jati
|
|
|
Kelompok
ahli (IV)
·
Amatilah
gambar hewan langka di bawah ini!
·
Diskusikan
dengan kelompokmu!
No.
|
Nama hewan atau tumbuhan langka
|
Bagian yang dimanfaatkan
|
Manfaat
|
1.
|
![]()
Pohon Ulin
|
|
|
INSTRUMENT PENILAIAN
A. Penilaian Proses
Format
Penilaian
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah/Skor
|
Nilai
|
|||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketelitian
|
Hasil Belajar
|
|||
|
30
|
20
|
20
|
30
|
100
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata |
|
|
|
|
|
|
Nilai
= Skor
perolehan x 10
Skor Maksimal
B.
Penilaian
Hasil
Cara penilaian : Tes Tulis
Format Penilaian
Nama Siswa
|
Nomor Soal
|
Skor Perolehan
|
Nilai
|
|||
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
Bobot soal untuk nomor soal :
1.
.........................
25
2.
.........................
25
3.
.........................
25
4. ......................... 25
100
Nilai
= Skor
perolehan x 10
Skor Maksimal
Mengetahui Guru
Kelas
Kepala
Sekolah
(.........................) (.....................)
Dirgantara Wicaksono
Pembelajaran PKN di SD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar